KEMENKUMHAM Jatim Bakal Pindahkan Petugas Rutan Ke Kangean Bila Positif Narkoba

  • Whatsapp

SURABAYA – Ratusan petugas Rutan Kelas I-A Surabaya dan 47 Rutan Perempuan Kelas II-A di Medaeng menjalani tes urine oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim Anas Saeful Anwar tes urine ini dilaksanakan untuk memastikan apakah petugas rutan terbebas dari ketergantungan terhadap narkoba. “Kenapa pegawai dulu? Karena kami ingin memberantas narkoba dari penghuni, dan karena itu pegawai harus bebas narkoba dulu,” terangnya, Sabtu, (16/2/2019).

Anas menambahkan, bila dari hasil tes urine ini ditemukan petugas yang mengkonsumsi narkoba, maka pihaknya tidak segan-segan akan menjatuhkan sanksi tegas. “Yang pertama kali kami lakukan adalah memindahkan yang bersangkutan ke Kangean. Sebab Pegawai seperti itu sudah tidak pantas ditugaskan di kota-kota,” ungkapnya.

Sedangkan , Kepala Rutan Kelas I-A Surabaya Teguh Pamuji menyatakan beberapa upaya antisipasi agar petugas terbebas dari narkoba di antaranya dengan mengawasi serta mensosialisasikan dampak buruk apabila mereka nekat mengkonsumsi narkoba.” Kita terus sosialisasikan kepada petugas bahwa penggunaan narkoba dampaknya banyak sekali.Tak hanya kesehatan tapi juga aspek sosial juga terkena dampak” ujarnya

Dari hasil tes urine tersebut, BNN kota Surabaya menyatakan bahwa seluruh petugas dinyatakan negatif narkoba. ” Syukurlah perugas kami dinyatakan bebas narkoba, harapan kami tidak ada pegawai yang menjadi bagian dari peredaran narkoba. Kami mulai dari pegawai lalu melangkah ke penghuni,” pungkas Teguh pula (zm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *