Komisi I DPRD Akan Menagih Inspektorat Bila Programnya Gak Jalan

  • Whatsapp

Nias Selatan, Deliknews – 7 Program dan 42 Kegiatan Inspektorat Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020, akan kita awasi dan menagih pihak Inspektorat. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Nisel, Memorial Fau, SH saat berlangsungnya konferensi Pers, Kamis (14/11/2019) di Media Center DPRD Kabupaten Nias Selatan.

“Kita tadi sampaikan kepada Inspektorat dan mendorong Inspektorat untuk membenahi SDM-nya. Jadi output dari penganggaran ini pasti akan kita tagih kedepan. Inspektorat dapat melakukan pendampingan dalam pengawasan dana desa dan disampaikan secara terbuka untuk umum”, ujar Memorial Fau.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Nias Selatan, Emanuel Telaumbanua, mengeluhkan kurangnya tenaga teknis di lembaga yang dipimpinnya itu.

“Kami memang kekurang tenaga teknis dalam melakukan audit. Bayangkan saja ada 459 Desa, 456 Sekolah, 36 Puskesmas, sementara tenaga audit kita hanya 33 orang. Jadi memang kendalanya terhadap tenaga audit yang kurang,” Pungkasnya.

Dia mengaku bahwa memang ada banyak laporan masyarakat yang masuk di Inspektorat akan tetapi belum tuntas semua di audit karena terkendala tenaga audit tadi. ada beberapa laporan masyarakat yang telah ditindaklanjuti kepada pihak penegak hukum untuk ditindaklanjuti sesuai proses hukum, jelas Emanuel Telaumbanua. (Sabar Duha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *