BHS Siapkan Sejumlah Program untuk Kembangkan Industri Batik Khas Sidoarjo

  • Whatsapp

SIDOARJO – Calon Bupati Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono ( BHS ) punya sejumlah program untuk mendukung dan mendorong perkembangan industri batik khas Sidoarjo.

Mulai dari ajakan memakai batik untuk semua pegawai negeri dan swasta, membuka sentra-sentra perajin batik, menguatkan pemasaran offline dan online, serta sejumlah program lain.

Bacaan Lainnya

“Batik merupakan warisan budaya, peninggalan nenek moyang kita. Jadi harus benar-benar kita rawat dan terus kita kembangkan,” kata BHS di sela kunjungannya di Rumah Batik Tulis Al-Huda Sidoarjo, Senin (5/10/2020).

Dalam kunjungannya, BHS sempat berbincang dengan para perajin dan mencoba membatik. Termasuk juga ngobrol panjang dengan Nurul Huda, pemilik Rumah Batik Tulis Al-Huda Sidoarjo.

“Desain, corak, warna, dan motifnya khas Sidoarjo. Seperti motif beras utah, udang, kupang, bandeng, dan sebagainya,” urai BHS.

Untuk mendukung perkembangan batik Sidoarjo, jika diamanahi jadi bupati Sidoarjo nanti, BHS janji bakal mengajak semua PNS Sidoarjo pakai batik khas Sidoarjo setiap hari Jumat.

Kemudian mengajak para pelaku usaha, UMKM, dan industri-industri di Sidoarjo untuk membiasakan pakai batik asli Sidoarjo.

“Untuk mendorong perkembangan industri batik, dari yang paling kecil hingga yang besar, kami akan mendorong terbentuknya usaha-usaha baru, perajin baru, dengan mendukung permodalan serta peningkatan skill-nya,” urai calon bupati Sidoarjo nomor urut 1 tersebut.

Di sisi marketing, BHS sudah menyiapkan beberapa strategi. Termasuk pemasaran di Sidoarjo sendiri dan pemasaran ke beberapa wilayah lain di luar Sidoarjo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *