Untuk Stabilkan Harga Bandeng, Taufiqulbar Berjanji Bangunkan Cold Storage Bagi Petani Tambak

  • Whatsapp

Sidoarjo – Kunjungan Taufiqulbar, Calon Wakil Bupati Sidoarjo ke tambak Sedati disambut antusias warga Sedati. Disamping karena Taufiqulbar adalah warga asli Desa Banjar Kemuning, Sedati, Sidoarjo, Taufiqulbar juga pengusaha tambak, yang mempunyai banyak teman dan kolega petani tambak di Sedati.

Kepada rombongan yang mengikuti, Taufiqulbar mengenalkan beberapa potensi daerah, khususnya Sedati sebagai basis ekonominya adalah tambak. Taufiq menuturkan, ikan bandeng dari tambak di Sedati itu rasanya lebih enak ketimbang ikan bandeng ditambak yang lain di Kabupaten Sidoarjo.

Taufiq berpesan agar ikan bandeng kebanggaan Sidoarjo ini tetap terjaga kualitasnya. Disamping itu Taufiq juga berharap kedepannya pertanian tambak bandeng akan lebih meningkatkan ekonomi masyarakat Sedati khususnya dan Sidoarjo pada umumnya.

Taufiq menambahkan, kalau ikan bandeng itu disamping rasanya yang gurih, kandungan gizinya juga banyak dibanding ikan ikan yang lainnya.

Ikan bandeng itu, kata Taufiq, gizinya lebih tinggi dari ikan yang mahal mahal itu. misalkan ikan tuna dan ikan salmon.

Seperti diketahui, ikan bandeng mengandung 162 kalori, 22,4 gram protein, 73 gram lemak, 2,9 lemak jenuh, 78 miligram sodium dan 57 gram kolesterol.

Disamping potensi bandeng, tambak di daerah Sedati juga memproduksi garam yang melimpah.

Saat kunjungannya ke tambak bandeng, Taufiq mendapatkan keluhan petani tambak yang semakin berkurang pendapatannya akibat semakin mahalnya harga pakan.

Kepada petani tambak yang hadir Taufiq berpesan agar petambak bandeng harus pandai pandai meramu pakan tambahan atau pakan alternatif dan tidak terlalu menggantungkan pada pakan pabrikan.

“Jika petani tambak bandeng bisa meramu pakan alternatif dan tidak melulu menggunakan pakan pabrikan, insya Allah petani bandeng akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Nanti kalau saya terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo akan diberikan pelatihan bagaimana mengelola tambak bandeng yang baik,” terang Taufiq

Untuk mensiasati terjadinya panen raya bandeng agar harganya tidak jatuh karena kelebihan stok bandeng, Taufiq berjanji akan membangunkan Cold Storage atau ruang pendingin agar petani tambak, termasuk petambak bandeng, bisa menyimpan bandengnya, tidak harus menjual pada saat itu juga.

“Kalau saya terpilih, insya Allah akan kita bangunkan cold storage untuk menyimpan bandeng supaya bisa bertahan, dan harganya tidak jatuh saat kelebihan stok,” ujar Taufiq. (mnr).

Content retrieved from: https://www.jatimonline.net/untuk-stabilkan-harga-bandeng-taufiqulbar-berjanji-bangunkan-cold-storage-bagi-petani-tambak/.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *